SARANA DAN PRASARANA

1. Prasarana (kantor, kelas, perpustakaan dan lain-lain).

Ruang kuliah digunakan untuk kegiatan perkuliahan yang diatur secara bergantian sesuai dengan jadwal kuliah dan rapat-rapat yang membutuhkan ruangan dengan jumlah tamu banyak. Ruang kuliah dapat menampung tamu kurang lebih tiga puluh orang. Ruang rapat dosen dapat dipergunakan untuk kegiatan perkuliahan MKPD yang mempunyai sedikit siswa dan rapat lain-lain. Ruang rapat dosen dapat menampung kira-kira sepuluh orang. Fasilitas pendukungnya antara lain meja rapat, AC, dan fasilitas pendukung lain.

Ruang diskusi terdapat dua ruangan, masing-masing ruangan dapat menampung kurang lebih delapan orang. Ruang diskusi dipergunakan sebagai ruang perkuliahan MKPD, rapat-rapat kecil, serta pembimbingan proposal. Masing-masing ruangan dilengkapi dengan screen dan meja rapat serta AC yang dapat menambah kenyamanan dalam belajar.

Ruang mahasiswa dengan jumlah tujuh ruangan yang setiap ruangnya menampung empat orang. Karena jumlah yang terbatas, mahasiswa dari luar daerah lebih diutamakan dalam pemakaian. Setiap ruangan dilengkapi dengan empat buah meja dan fasilitas pendukung lain. Ruang komputer dengan tiga unit komputer yang selalu siap digunakan, dapat digunakan mahasiswa untuk mengerjakan tugas jika diperlukan. Ruang komputer dapat menampung kurang lebih 4 mahasiswa.

Ruang tengah merupakan ruang serba guna yang dapat digunakan untuk bersantai, menunggu kuliah, juga pertemuan-pertenuan yang sifatnya non formal. Ruangan ini memiliki fasilitas sofa, kipas angin, televisi, dan fasilitas pendukung lainnya sehingga mahasiswa dapat merasa betah untuk tinggal.

Ruang kantor administrasi berfungsi sebagai tempat memperoleh informasi tentang Program Doktor Ilmu Kedokteran dan Kesehatan Fakultas Kedokteran UGM dan penjadwalan semua kegiatan.

Prasarana tersebut terletak pada satu lingkungan di Fakultas Kedokteran UGM sehingga mudah dicapai. Semua prasarana milik Fakultas Kedokteran UGM dengan kualitas dan perawatan yang baik, tingkat kenyamanan yang baik, serta pengelolaan pemanfaatan ruangan juga baik.

2. Perabotan dan Peralatan

Perabotan kantor dan ruang kuliah seperti papan tulis, OHP, proyektor slide, dan proyektor LCD tersedia cukup baik di gedung Program Doktor Fakultas Kedokteran UGM.

Bahan pustaka berupa buku-buku ajar dan jurnal serta perpustakaan elektronik tersedia di perpustakaan Fakultas Kedokteran UGM, perpustakaan Pascasarjana dan perpustakaan Sarjana Universitas. Jaringan LAN (Local Area Network) tersedia di Perpustakaan Fakultas Kedokteran UGM, Perpustakaan Pascasarjana, dan Perpustakaan Sarjana Universitas. Peningkatan kuantitas dan kualitas perpustakaan terus dilakukan dengan cara menambah koleksi buku dan jurnal terkini.

Setiap ruang baca di ketiga perpustakaan cukup luas dan nyaman. Perpustakaan buka setiap hari kerja sejak pukul 07.00-21.00 WIB dengan pelayanan modern dan efisien sesuai dengan peraturan yang berlaku. Pemeliharaan bahan pustaka cukup baik.

3. Prasarana dan Sarana Kesejahteraan

Untuk kesejahteraan mahasiswa, fasilitas pelayanan kesehatan tersedia rumah sakit pendidikan RS dr. Sardjito, pusat rekreasi dan sarana olah raga di lingkungan kampus UGM. Tersedia juga toko buku ajar yang lengkap di Gadjah Mada Press. Kantin tersedia di kompleks Program Pascasarjana UGM, Fakultas Kedokteran UGM, dan lingkungan UGM.

4. Fasilitas Komputer

Fasilitas komputer, kualitas dan kuantitasnya juga mencukupi baik untuk dosen, mahasiswa dan personil lainnya, terletak di ruang komputer Program Doktor Ilmu Kedokteran dan Kesehatan UGM. Tersedia dana khusus untuk pemeliharaan dan pembaharuan komputer.

5. Analisis SWOT terhadap Sarana dan Prasarana

Strength

1) Sarana dan prasarana pendidikan doktor dan pengajaran, baik untuk keperluan perkantoran, perkuliahan, penelitian, perpustakaan, kesejahteraan mahasiswa adalah milik Fakultas Kedokteran UGM maupun UGM yang terletak dalam satu kawasan yang mudah diakses setiap saat.

2) Sarana dan prasarana perpustakaan cukup baik dengan pelayanan yang modern dan efisien.

Weakness

1) Pemanfaatan sarana dan prasarana tersebut di atas, baik oleh mahasiswa maupun dosen belum optimal.

2) Belum ada sarana untuk pemeliharaan alat-alat laboratorium canggih di lingkungan UGM, sehingga terpaksa dikirim ke agen untuk perbaikannya.

Opportunity

1) Kesadaran yang kuat dari pengelola untuk selalu meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana dalam usaha mempertahankan keunggulan dalam bidang pendidikan dan penelitian.

2) Kesempatan untuk menjalin kerja sama dengan pihak luar baik di tingkat nasional maupun internasional utamanya di bidang pendidikan maupun penelitian terbuka secara luas, termasuk kerjasama pengembangan perpustakaan melalui jaringan LAN.

Threat

1) Pesatnya kemajuan teknologi di bidang kedokteran dan kesehatan menuntut selalu adanya perbaikan dan peningkatan mutu sarana dan prasarana yang dimiliki.

2) Di masa depan, biaya pemeliharaan dan operasional sarana dan prasarana semakin tinggi.

System.String[]