PENDANAAN

1. Sumber Dana

Sumber dana Program Doktor Ilmu Kedokteran dan Kesehatan UGM berasal dari SPP mahasiswa yang terdiri dari dua macam :

  1. Biaya Sendiri
    Biaya yang harus dibayarkan selama masa studi sebanyak Rp. 11.000.000,- Per semester sampai dengan lulus.
  2. Beasiswa BPPS
    SPP yang ditanggung oleh pemerintah adalah sebesar Rp. 11.000.000,- per semester selama tiga tahun. Selanjutnya yang tidak tercover oleh BPPS dibebankan kepada mahasiswa sendiri.

2. Jumlah Dana

Kecukupan dan kesinambungan perolehan dana baik yang diperoleh dari pemerintah/ swasta atau sumber dana lain mencukupi untuk operasional. Setiap semester, Program Doktor Fakultas Kedokteran UGM memperoleh dana yang berasal dari SPP mahasiswa. Selain itu, dana juga diperoleh dari Fakultas Kedokteran UGM sebagai kompensasi keringanan biaya bagi peserta Program Doktor UGM yang merupakan staf Fakultas Kedokteran UGM.

3. Pengelolaan Dana

Dan yang diberikan dari Universitas dialokasikan ke Fakultas kemudian diberikan ke Program Studi masing-masing termasuk Program Doktor Ilmu Kedokteran dan Kesehatan Fakultas Kedokteran UGM. Pengelolaan dana pada Program Doktor Ilmu Kedokteran dan Kesehatan Fakultas Kedokteran UGM dilakukan sendiri biaya SPP mahasiswa, seperti : seleksi S3, honorarium pembimbing, honorarium mengajar, seminar kemajuan studi, ujian Pra komprehensif, Ujian Komprehensif, Seminal Hasil, Tim penilai Disertasi, Ujian Tertutup, dan Ujian Terbuka. Pengawasan dana dilakukan oleh Tim Pascasarjana Keuangan Fakultas Kedokteran UGM

4. Analisis SWOT terhadap Dana

Strength

  1. Kemampuan Program Studi maupun Staf Dosen dalam menggali dana dari berbagai sumber baik dari pemerintah maupun non pemerintah, dalam negeri maupun luar negeri.
  2. Adanya luncuran dana setiap tahun di Program Pascasarjana UGM yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan operasional dan pengembangan.

Weakness

Kecukupan dana mahasiswa yang mengikuti Program Doktor Ilmu Kedokteran dan Kesehatan dengan dibiayai pemerintah (BPPS) berjumlah terbatas sehingga perlu adanya subsidi silang dari mahasiswa Program Doktor Ilmu Kedokteran dan Kesehatan dengan biaya sendiri yang diatur oleh Program Pascasarjana UGM.

Opportunity

  1. Otonomi Perguruan Tinggi memberikan peluang bagi Program Doktor Ilmu Kedokteran dan Kesehatan untuk memobilisasi sumber daya yang dimiliki sehingga dapat membiayai kebutuhan sendiri.
  2. Ada peluang bagi mahasiswa S3 memperoleh bantuan dana penelitian melalui keterlibatannya dalam penelitian dosen terintegrasi dan juga melalui keikutsertaanya dalam training jangka pendek baik di dalam maupun di luar negeri.

Threat

Semakin meningkatnya biaya operasional dalam pengelolaan Program Doktor Ilmu Kedokteran dan Kesehatan maka pengelola dituntut untuk lebih efisien dalam penggunaan dana.

System.String[]